Breaking News

27 September, 2011

Keberhasilan Utama Seseorang Ditentukan Oleh Cara Kita Berkomunikasi



Oleh : Deka Amalia ·

Memahami era masa kini, dimana kita berada saat ini adalah memahami komunikasi. Dunia terhubung dengan mudah, saling berinteraksi satu sama lain dan saling mengisi. Di setiap lini kehidupan komunikasi memegang peranan yang penting. Maka, patut dikatakan jika keberhasilan kita ditentukan oleh cara kita berkomunikasi. Lalu,apa yang kita ketahui tentang komunikasi ? secara sederhana komunikasi adalah menyampaikan pesan baik secara lisan maupun tulisan. Lalu bagaimana pesan itu dapat diterima dan dimengerti oleh yang menerima. Maka,dapat dikatakan jika kita mampu berkomunikasi dengan baik,kita akan berhasil dalam kehidupan. Apakah dalam kehidupan berkeluarga, berteman, bersosialisasi,berkarir maupun bekerja.

Apa yang harus kita lakukan pertama kali ? yaitu memahami gaya berkomunikasi kita. Kenali apakah kita menyampaikan (understanding ourself) sesuatu dengan kaku, ramah,humoris atau yang lainnya. Setelah kita memahami diri kita maka bagaimana kita mempresentasikan diri kita (presenting), how to present ourself? Dengan cara apa kita menggambarkan diri kita hingga membangun image diri. Orang kemudian mengenali diri kita sebagai seseorang yang baik, tegas, keras,kasar,halus atau yang lainnya. Maka dapat dikatakan dengan memahami diri kita dan membangun image diri, kita memiliki performance, yang kemudian performance ini akan berbalik kepada diri kita sendiri apakah kita disukai atau tidak disukai, apakah kita disayang atau malahan dibenci.

Semua orang punya pilihan tentunya tetapi kadang tidak paham akan pilihan itu dan tidak mengerti apa yang harus dilakukan. 


Siapa yang ingin mendapatkan output yang negatif ? tidak ada


Siapa yang ingin mendapatkan output yang positif? Semua orang


Ketidakmengertian inilah yang kemudian membuat kesalahfahaman terjadi. Dimana saja. Antara anak dan orang tua, antara bawahan dan atasan, antara teman atau antara siapa saja. Oleh karena itu memahami apa yang harus dilakukan menjadi sangat penting. Bagaimana caranya ? seringkali orang salah, jika mendapat output yang negatif, maka pertanyaaan yang biasa timbul adalah, apa salahku? Aku sudah baik kok. Sudah melakukan ini itu, sudah begini begitu, kok aku tidak dihargai. Nah, inilah letak kesalahannya hanya menilai diri kita dari kacamata kita sendiri tanpa perduli dengan apa yang orang pahami tentang diri kita. Seharusnya dibalik, mengapa ya mereka menilai aku seperti ini? Lalu lihatlah dasar dari penilaian tersebut maka dengan begitu kita akan menemukan kesalahan dan kekuarangan kita, Karena dengan memahamai ini kita akan lebih mampu memiliki performance diri yang lebih baik.

Itu baru masalah berkomunikasi di keseharian kita. Lalu bagaimana jika ingin mampu berkomunikasi di depan orang banyak ? patut disadari kemampuan kita berkomunikasi didepan orang banyak ditentukan oleh keberhasilan kita berkomunikasi dalam keseharian kita. Maka,jadilah pribadi yang menyenangkan sehingga kita mampu berkomunikasi dengan baik di depan orang banyak. Apakah di saat harus mempresentasikan sesuatu atau kesempatan apa saja yang membuat kita harus berbicara di muka umum.

Apa yang harus dilakukan agar kita mampu menjadi seorang pembicara yang baik dan menyenangkan di muka publik?

1. Kuasai permasalahan
Pastikan kita hanya bersedia berbicara tentang sesuatu masalah yang kita kuasai dengan baik. Jangan menerima masalah yang sebenarnya kita ragu atau tidak mampu karena orang akan menyadari hal itu. Walaupun mungkin peserta tidak paham juga akan masalah itu tetapi karena kita tidak menguasai maka biasanya gaya bicara kita menjadi ragu,tidak yakin, dan mengambang. Dan,orang akan mampu menangkap hal ini.

2. Menggali sumber dari mana saja
Jangan pernah berhenti untuk menggali terus segala sumber tentang masalah yang ingin kita kuasai, apakah dari koran,internet,radio atau lainnya. Selalu berusaha mengikuti perkembangan tentang hal tersebut karena ilmu pengetahuan berjalan terus tak pernah berhenti selama duna ini masih berputar.

3. Latihan terus dan sedikit menghafalkan
Kemampuan berbiacara juga membutuhkan latihan. Asah kemampuan dengan mencari berbagai kesempatan untuk menjadikan tempat berlatih karena semakin terbiasa gaya bicara kita akan mengalir dengan baik dan kita akan semakin mampu merunutkan jalan fikiran dengan sistematis. Sedikit menghafalkan definisi atau penjelasan juga tidak dilarang.

Lalu masalah apa lagi yang paling penting, yang paling penting tentu adalah latihan mental karena seringkali kita menguasi permasalahan tetapi mental kita tidak siap. Kita tidak cukup punya keberanian untuk berbicara di depan umum. Takut salah, takut tidak jelas dan ketakutan yang lainnya. Hal ini sebenarnya lumrah saja, semua orang mengalami, bahkan seseorang yang sekarang kita kenal sebagai pembicara yang wara wiri dimana-mana pun mengalami hal ini untuk pertam kalinya. Jadi yang paling penting adalah berlatih terus dan jangan takut untuk memulai. Jam terbang yang bertambah akan semakin mengasah kemampuan kita.

Apa saja ketakutan biasanya timbul ? grogi, nervous, salah biacara, suara pelan dan lain sebagainya. Maka yang harus kita lakukan adalah berusaha mengendalikan emosi untuk tetap tenang. Dengan memasang wajah yang penuh senyum,hangat, dan bersahabat maka biasanya kita akan mampu mengendalikan emosi. Perlakukan pendengar sebagai sahabat dekat yang sudah lama kita kenal walaupun itu untuk pertamakalinya kita bertemu mereka. Mengapa? Karena dengan demikian ini akan membantu mencairkan suasana. Ingat, sebagai pembicara kita juga menggiring suasana. Artinya, kita yang membangun suasana apakah suasana akan hangat, kaku atau malahan tegang. Jadi kepribadian kita yang hangat dan bersahabat akan mampu menumbuhkan suasana yang menyenangkan. Dengan demikian akan lebih mudah bagi kita untuk mengendalikan emosi.

Bagaiman membangun SELF CONFIDENCE ?

Denga cara SWOT : STRENGTH /KEKUATAN, WEAKNESS/KELEMAHAN, THREATHS/ANCAMAN

Kenali semua itu dalam diri kita, karena dengan mengenali kekuatan,kelemahan dan ancaman maka kita akan mampu membangun percaya diri. Pastikan penampilan kita segar dan cerah. Rapi,bersih dan wangi. Tidak norak, hindari gaya bahasa yang menyudutkan atau menyalahkan orang lain. Hindari membangga-banggakan diri sendiri. Bicara dengan bijak dan santun jauh lebih baik

Persiapan apa saja yang harus dilakukan ? PENYUSUNAN RUN DOWN TOR menjadi sangat penting karena dengan adanya pointers yang jelas akan membuat kita mampu menjelaskan dengan sistematis dan memastikan tidak ada hal penting yang terlewat yang tidak kita bahas.

Demikianlah, sekilas mengenai dunia kominikasi. Jangan lupa, setiap kali selesai memberikan materi lakulan : SELF EVALUATION mengenai performance kita dan materi yang kita berikan. Selalu lakukan : RECORD AND PLAYBACK, dengan begitu kita akan selalu mampu memperbaiki diri hingga semakn lama kita mampu berkonikasi dengan handal.

Semoga bermanfaat ya…
deka

0 komentar:

Post a Comment