Breaking News

22 September, 2011

Kapan Saat Yang Tepat Untuk Memulai Bisnis?


Oleh :Tri Wahyuni Rahmat ·

Banyak para mom yang bertanya, kapankah  saat yang tepat bagi mereka untuk memulai bisnis atau menjadi mompreneur? Jawabannya adalah sekarang waktunya. Tepat pada saat mom mempertanyakan hat tersebut.  Tentunya ada yang bertanya,  mengapa harus sekarang? Mengapa tidak nanti saja menunggu saat yang tepat.  Ehhmm, apa bisa?

Sedikit memberikan contoh, tentu banyak kita menjumpai orang yang mempunyai rencana mewujudkan bisnis yang akan mereka laksanakan, bahkan lengkap dengan detil perencanaan keuangan, jenis usaha bahkan lokasinya.  Namun, setelah beberapa minggu, bulan bahkan tahun,  kita bertemu lagi dengan mereka, apa yang kita dapatkan?

Beberapa orang dari mereka berhasil mewujudkan rencana tersebut, tetapi sisanya bahkan belum memulai mewujudkan rencana yang begitu matang direncanakan beberapa bulan yang lalu.  Mengapa hal itu terjadi? Akan ada beribu alasan yang mungkin terlontar dari mulut kita (bener kan?).

“Gue bener-bener nggak ada waktu, banyak urusan di rumah”,
“Modal buat usaha belum terkumpul-kumpul sampai sekarang, gimana mau usaha?”,
“Bingung mau mulai dari mana?”
“Kehidupan ekonomi masih aman-aman aja, kaya nya nggak perlu nambah usaha deh”

Dan segudang alasan lainnya dan anehnya alasan itu semua masuk akal bagi kita. Kalau begini, kapan kah saat yang tepat untuk memulai usaha?

Tentu saja alasan-alasan diatas adalah penegas dari faktor rasa nyaman yang selama ini sudah menjadi habit kita sebagai manusia.  Seseorang tidak ingin mengalami perubahan atau berubah dikarenakan berada di zona nyaman. Adanya zona nyaman ini membuat seseorang enggan berubah dari zona hidupnya sekarang  ke zona yang lain.  Walaupun ia telah merencanakan perubahan tersebut dengan rencana yang matang dan detil, bahkan dengan kobaran ’45, namun ketika ia kembali dalam zona nyaman hidupnya sekarang, rencana perubahan tersebut akan lenyap dan terlupakan begitu saja.

Untuk memulai usaha, memang seharusnya kita perlu menunggu kondisi yang tepat, modal yang cukup, jenis usaha yang tepat, tempat usaha yang sesuai, dan sebagainya.  Tetapi mulailah semua itu dengan semangat awal yang kita punya.  Bila sering terjadi penundaan terhadap rencana memulai usaha, sudah pasti usaha yang kita inginkan tersebut tidak akan terwujudkan atau mungkin saja terwujud walaupun telat waktunya.

Seorang pakar bisnis menyarankan untuk memulai usaha tidak perlu menunggu waktu yang tepat
karena waktu yang tepat itu  adalah sekarang waktunya, bahkan lakukanlah dalam kondisi kehidupan ekonomi kita sedang baik-baik saja.  Karena dengan begitu kita akan banyak waktu  untuk terus belajar berbisnis dan mengembangkannya.   Hal ini berbeda, bila seseorang yang memang dalam kondisi terpuruk perekonomian dan kepepet untuk melakukan usaha untuk memperbaiki perekonomian hidupnya. Biasanya mereka akan lebih cepat tanggap  untuk segera  memulai usaha.  Jadi mom, saat anda mempertanyakan waktu untuk memulai usaha, saat itu lah adalah saat yang tepat untuk memulai usaha  !

0 komentar:

Post a Comment