Breaking News

21 September, 2011

Belajar Menulis ?


oleh : vivera siregar

Entah siapa yang "mengundang" saya, tiba-tiba beberapa hari berselang saya sudah tergabung disini, dan baru sempat membuka wall ini sekarang. Gembira menyaksikan semangat para wanita yang mencari tempat untuk mengaktualisasikan diri, mereka yang membuktikan bahwa wanita adalah mahluk yang tangguh meski tak pernah turun ke medan perang, mereka yang memperlihatkan bahwa pena bisa jadi senjata. Huft, bukankah sekarang sudah bukan zamannya lagi menulis dengan pena? Semua perangkat teknologi canggih memungkinkan untuk menulis apa pun, dan dimana pun, komputer, notebook, netbook, iphone, ipad, blackberry, smart handphone, dan sederet perangkat lain sesungguhnya memfasilitasi untuk berkarya tulis.

Menulis? Banyak orang yang merasa bahwa menulis adalah pekerjaan yang sulit. Keumumannya mengeluh tak punya ide, tak bisa merangkai kata dan kalimat yang enak dibaca. Padahal sesungguhnya mereka yang tulisannya "enak dibaca" itu dahulunya juga merinding membaca tulisannya sendiri, dan kalau bisa, menyembunyikannya di pojok paling belakang rak buku agar tak ada seorang pun yang membacanya, hehe.
Tapi apakah mereka berhenti menulis? Itu kuncinya! Mereka terus menulis. Memang, ketika kita "setengah putus asa" melihat hasil tulisan kita, itu saatnya untuk TERUS melanjutkan menulis, kalau perlu...paksakan!
Apa?? Bukannya sesuatu yang dipaksakan itu selalu tidak baik? Bukannya terpaksa menulis membuat pikiran buntu dan ide-ide berhenti mengalir? Pada awalnya mungkin begitu. Tapi dalam segala situasi, kondisi yang memaksa seringkali membuat kita menjadi mampu, tak terkecuali dalam hal menulis. Barangkali pada mulanya akan sulit, tapi sesuatu yang sulit itu bukan berarti tak bisa dilakukan....
Grup ini adalah salah satu wadah yang "memaksa" kita untuk menulis, agar keinginan dan kemampuan menulis tak hanya ada dalam impian, tapi bisa dijadikan kenyataan.
Bravo kepada "teh Iin" (begitu saya memanggil ibu Indari Mastuti), yang selalu punya ide untuk mendorong ibu-ibu agar mau menulis.
Salam kenal untuk semua. Love u all.

0 komentar:

Post a Comment