Breaking News

08 September, 2011

Adenium cs Penyapihan


Adenium cs Penyapihan

       Oleh : Erma Bahrun Lamsidi




Ibu Bidan Posyandu maupun ajaran dari kitab suci menganjurkan para ibu untuk menyusui bayinya sampai 2 tahun. Hal itu penting untuk kesehatan, daya tahan tubuh dan perkembangan psikologis bayi.

Namun, kadangkala proses ini berjalan agak kelewatan. Ada anak yang menyusu sampai lebih dari 2 tahun bahkan sampai usia sekolah sang anak masih menyusu pada ibunya/ngempeng.

Sebenarnya lebih dari waktu yang dianjurkan untuk menyusui itu, volume ASI sudah jauh berkurang bahkan habis. Alasan anak-anak yang masih menyusu tersebut lebih dikarenakan mereka khawatir kehilangan kasih sayang dan kehangatan ibunda. Ibunda pun turut punya andil dalam memperpanjang masa ngempeng tersebut dengan alasan tidak tega dan enggan repot bila sang anak tidak bisa tidur karena disapih.

Saya memiliki pengalaman jitu dalam menyapih bayi. Awalnya saya mencoba berbagai cara seperti minta syarat ke orang pintar sampai mengoleskan getah pepaya pada payudara. Belum berhasil juga.

Tadinya saya pikir karena daun pepaya itu pahit maka getahnya akan terasa pahit di lidah bayi. Jangan dicoba ya ibu-ibu sekalian. Hasilnya saya kebingungan sediri karena payudara jadi gatal sekali. Gatal di payudara akan mempersulit kita di depan umum karena kita akan jengah untuk menggaruknya. Mati-matian kita harus menahan rasa gatalnya. Enggak percaya? Silahkan dicoba.

Setelah mendapat sambutan tawa ngakak seorang sahabat ketika saya curhat, akhirnya dia berbaik hati membagi resepnya dalam menyapih bayinya.

Ibu-ibu tentu tahu bunga Kamboja Jepang atau Adenium bukan? Tanaman yang biasanya dibudidayakan sebagai bonsai ini memiliki beragam jenis dan warna bunga yang cantik. Petiklah satu dua daunnya maka dari pangkalnya akan terlihat getah yang menetes. Oleskanlah getah Adenium tersebut di sekitar areola payudara kita. Biarkan beberapa saat. Jangan jilat sisa getah di jari kita karena pahit rasanya.

Jika si kecil mulai minta nenen, berikanlah ASI kita. Cepat atau lambat dia akan menolak ngempeng dengan sendirinya karena susu ibunya terasa pahit. Siapkan susu formula sebagai pengganti ASI kita, sehingga dia bisa mengobati kekecewaannya dengan minum susu pengganti ASI. Rasa pahit dari getah Adenium ini akan bertahan sampai beberapa hari walaupun sudah disiram dan disabun berkali-kali.Berikan pengertian pada si kecil bahwa susu ibu sudah tidak bisa diminum lagi. Sebagai gantinya adik bisa minum susu yang disiapkan ibu.

Jangan menyapih dengan cara yang membuat si kecil merasa bersalah seperti payudara diolesi obat merah lalu dikatakan berdarah karena disakiti adik. Hal itu malah akan semakin mempersulit dalam proses penyapihan karena membuat dia merasa semakin sedih lalu dia mencari rasa aman dengan nenen lagi.

Istimewanya, getah Adenium ini tidak memberi efek samping saperti rasa gatal pada payudara ibu. Silahkan dicoba Bu

0 komentar:

Post a Comment