Breaking News

07 July, 2011

JOKI… OH…JOKI

Ehm…sudah sering ya mendengarnya. Yang satu ini bukan joki alias si penunggang kuda tapi orang yang suka menggantikan orang lain dalam ujian. Setiap tahun saat musim ujian tiba pasti ada saja berita mengenai “joki”. Meskipun sudah ada antisipasi dari pihak berwenang namun  fenomena “joki” tetap ada dan berulang setiap tahunnya. Walaupun ada yang tertangkap namun sepertinya tidak ada efek jera. Miris mendengarnya, entah apa yang ada dalam pikiran si penyewa joki sendiri hingga melakukan hal curang seperti itu. Bukankah akan ada kebanggaan dan kepuasan jika hasil yang diperoleh adalah jerih payah sendiri. Apapula alasan si joki mau melakukannya, demi sesuap nasikah atau apapun alasannya tindakan ini jelas tidak boleh dibiarkan saja tanpa ada upaya pencegahan dan sanksi yang tegas.
Yang membuat saya lebih prihatin lagi ternyata ada yang mengiklankan diri secara terbuka sebagai joki ujian. Saya sempat tidak percaya atas kenyataan ini, berulang kali saya baca memang begitulah adanya (hasil pencarian lewat internet). Kira-kira begini bunyinya : telat mikir,joki aja..titip mbah…..kirim 20 juta ke rekening……Saya tidak mengetahui apakah si pengiklan benar-benar joki atau ada tujuan sesat, yang jelas keterbukaannya dalam beriklan menandakan bahwa memang ada pasar yang ia sasar. Buktinya, beberapa waktu lalu ada joki yang tertangkap saat ujian, ini berarti ada yang selalu membutuhkan jasanya.
Yang ini lebih membuat saya prihatin, melalui “running text” di salah satu televisi diberitakan ada sebuah sekolah yang siswanya berjumlah 9 orang tidak lulus semuanya meskipun sudah pakai joki….nah lho? Adapula Kepala Sekolah yang ditangkap polisi karena diduga ikut terlibat dalam perjokian. Kalau para pendidiknya saja sudah terkontaminasi virus joki, bagaimana hasil didikkannya bisa diharapkan mampu menjadi generasi yang unggul secara akademis dan berakhlak baik. Bukankah peran sekolah selain sebagai tempat menimba ilmu juga adalah sebagai tempat untuk mendidik akhlak para siswanya. Adalah kesalahan fatal jika demi mengejar prestasi akademis kemudian menafikkan aspek pendidikan moral. Hasil akademis yang baik tentu sangat diharapkan oleh para siswa, orangtua guru, tentu akan lebih membanggakan dan elok jika hasil yang baik dicapai dengan cara yang baik pula. Terlalu berorientasi pada hasil tanpa disertai kesadaran bahwa untuk mencapainya diperlukan usaha, ketekunan dan doa tentu hanya akan menghasilkan prestasi dan kebanggan semu.
Sungguh ini menjadi tanggungjawab bersama orangtua, sekolah, masyarakat dan pemerintah. Sebagai orangtua saya ingin mengajak semuanya, mari kita benahi sama-sama, mulai dari keluarga sendiri. Menanamkan sikap mental pejuang pada anak-anak kita. Bahwa menjadi berhasil atau sukses butuh usaha, ketekunan dan doa. Bahwa menjadi gagal tidaklah hina, karena di sana ada pelajaran berharga untuk tahu dan bangkit lalu berhasil. Jadi mereka tidak akan takut menghadapi kegagalan, mereka akan berjuang dan tidak ada lagi itu joki-joki berkeliaran saat musim ujian tiba.
Dunia pendidikan kita memang masih butuh perbaikan di sana-sini. Belum meratanya fasilitas pendidikan membuat adanya kesenjangan kualitas pendidikan antara daerah/sekolah dengan fasilitas baik dengan daerah/sekolah dengan fasilitas yang serba terbatas. Di tambah lagi dengan tuntutan nilai kelulusan yang di samaratakan untuk kedua daerah/sekolah yang berbeda kondisi tersebut telah menyebabkan iklim yang tidak sehat. Demi mengejar akreditasi dan prestasi akademis tidak diimbangi dengan fasilitas memadai akhirnya muncul deh si joki…..untuk mendogkrak angka kelulusan. Nah kalau sudah begini prestasi yang dicapai berarti prestasi semu dong… lalu apa kata dunia?
‘’’’’’’’’’SAY NO TO JOKI’’’’’’’’’’’

4 komentar:

Gege Dai said...

ray ban sunglasses
adidas wings
ralph lauren outlet
michael kors outlet
kobe shoes
michael kors uk outlet
swarovski crystal
swarovski jewelry
polo ralph lauren
longchamp pliage
ralph lauren,polo ralph lauren,ralph lauren outlet,ralph lauren italia,ralph lauren sito ufficiale
mont blanc pens
michael kors outlet
air max 90
ysl outlet online
true religion jeans
fitflop sale
calvin klein outlet
mlb jerseys
tiffany jewelry
air jordan shoes for sale
nike trainers uk
jordan pas cher
polo ralph lauren
polo ralph lauren
mulberry bags
pandora jewelry
lebron shoes
hermes bags
cartier outlet store
nike air huarache
nba jerseys
bottega veneta outlet
nfl jerseys wholesale
ralph lauren shirts
czq20160718

Fangyaya said...

michael kors handbags
coach factory outlet online
ghd flat iron
louis vuitton handbags
ralph lauren
polo shirts
ray ban sonnenbrille
nfl jerseys wholesale
kate spade outlet
ray ban sunglasses
coach outlet online
coach outlet online
louis vuitton outlet stores
christian louboutin sale
giuseppe zanotti sneakers
cheap ray ban sunglasses
michael kors outlet clearance
louboutin shoes
air jordan shoes
tods sale
replica rolex watches
coach outlet
coach outlet store online
louis vuitton outlet stores
coach outlet store online clearances
adidas yeezy
tory burch flats
polo ralph lauren
coach outlet store online clearances
air jordan 11
20168.8chenjinyan

chenlina said...

true religion sale
ugg boots
louis vuitton outlet
christian louboutin heels
ray ban pas cher
fitflops sandals
nike air max pas cher
north face jackets
adidas trainers
nike outlet store
chenlina20170206

raybanoutlet001 said...

longchamp le pliage
new york jets jerseys
steelers jerseys
abercrombie and fitch
ray bans
omega watches
michael kors outlet
michael kors outlet
saints jerseys
reebok outlet

Post a Comment